Selasa, 24 April 2012

Sharing tes Interview saat melamar kerja

Share Interview Job Vacancy

Kemarin ada recruitment dari PT.Xxxx, mereka mengadakan recruitmen di kampus saya tercinta yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sekarang ndak pake ITS :).
Dipersyaratan mereka juga mengambil yang last semester, maka ane yang kebetulan last semester ikut aja tuh recruitment. alhasil tes pertama pada hari pertama pula psikotes alhadulillah lolos (berarti ane gak bodo-bodo amat). besoknya tes wawancara, sempat pikiran ndak karuan se, mikir yang tidak-tidak mengenai tes wawancara. setelah menunggu lama nama ane akhirnya dipanggil, biasa pertanyaan pertama perkenalan dulu karena di CV ane tampilin bahwa ane pernah kursus bahasa inggris di pare (dikampung bahasa inggris walaupun cuman sebulan) alhasil interviewer/user menyuruh saya perkenalan memakai bahasa inggris.
Cas cis cus ane sebutin nama, alamat, lahir, dll lalu ane tambahin hobby. menjelaskan hobi belum selesai interviewer langsung tanya  tentang musik (karena hobi ane tadi ngomong denger musik).ditanya penyanyi fav sama lagunya ane bingung sapa ya.?? akhirnya keceplosan lagu chrisye-kala cinta menggoda. "sudah tolong bahasa inggriskan itu" sambil senyum. ane yang kebetulan vocab bahasa inggris pas-pasan ditambah lagi lagu itu  kan penuh kata-kata sulit, di judulnya saja saya sempat lupa kalo bahasa inggris menggoda itu tempt (keingat iklan axe coklat yang dark temtation #Lol).
Setelah ane translate to english alhasil dia senyam-senyum gak jelas. dilihat lagi CV ane lalu ditanyakan semua tentang apa yang ada di CV. yang menarik adalah pertanyaan mengenai amonia sebagai pendingin. saya yang kebetulan kerja praktik (KP) di PT. Campina Ice Cream Industry sempat bingung saat ditanya sistem pendingin di campina pasalnya saat dikampina saya dimasukkan di maintenance dept jadi kurang begitu ngeh sistem pendinginnya. berkat di SMA belajar sedikit tentang amoniak maka ane jelasin tuh amoniak. alhasil interviewer puas sama jawaban ane. katakanlah apa yang anda ketahui, walaupun cuman satu ayat, bener ndak?
Berakhir wawancara pertama, nunggu lagi diluar. 3 jam kemudian dipanggil lagi yes, dalam hati ane kayaknya lolos ne interview pertama. masuk kali ini langsung ditodong pake bahasa inggris, oh iya di CV juga ada kursus bahasa inggris di Basic english guidance (BEG) Sooko, Mojokerto. untung hanya sebentar he say do you prefer using english or bahasa indonesia? hash... akhirnya penderitaan ane kelar juga, kalo ngomong teknik pake bahasa asing tuh bingung ini bahasa indonesia atau bahasa inggris? karena ya itulah orang teknik pasti tau.. hehehehehehe
Lastly ni yang paling enak, yakni ngomongin "Gaji" walaupun menurut ane gaji kagak penting dulu yang penting experience lah nomer satu. maklum fresh graduate kok minta lebih.?? akhirnya deal salary sekian, user bilang nanti kalo kamu ndak di terima kerja sama saya saja. wah sampe segitunya beliau ingin pekerja seperti ane, wkowkwokwk ane cuman bisa ngakak sama bingung, mungkin mereka kagum ama penjelasan ane tentang amoniak. terimakasih buat guru kimia SMAN 1 SOOKO. walaupun ane jurusan elektronika tetapi pada dasarnya semua ilmu tuh berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar