Selasa, 24 April 2012

sistem gerak otomatis pintu parkir kendaraan dengan mengunakan PLC merek OMRON Sysmac CPM1A


1. PENDAHULUAN


Tidak kah kita merasa jenuh saat kita ingin memarkirkan kendaraan kita tetapi harus antri menunggu bermenit-menit lamanya hanya untuk memasuki tempat parkir? Sungguh sangat menyedihkan jika waktu kita yang sangat berharga harus dihabiskan ditempat pakir untuk antri parkir yang seharusnya bisa kita atasi dengan sistem gerak otomatis. Sistem gerak otomatis yang cocok adalah dengan cara memanfaatkan PLC (Programmable Logic Controller) untuk membuka dan menutup pintu parkir secara otomatis. Bayangkan jika kita saat datang didepan pintu parkir, lalu kamera pada pintu memotret dan pintu akan membuka secara otomatis. Kita tidak perlu menunggu petugas parkir untuk menuliskan nomor polisi kita karena nomor polisi kita sudah diambil gambar oleh kamera. Jika hal ini kita terapkan maka akan mendapatkan benefit waktu tanpa harus menunggu lama.
Kenapa mengggunaan PLC, karena PLC  merupakan  sistem  yang  dapat memanipulasi, mengeksekusi dan atau memonitor keadaan proses pada laju yang amat cepat, dengan dasar data yang bisa di program dalam sistem berbasis mikro prosesor integral. PLC menerima masukan keluaran sinyal-sinyal listrik untuk mengendalikan suatu sistem, dengan demikian besaran-besaran  fisika  dan  kimia  yang dikendalikan, sebelum diolah oleh PLC, akan dirubah menjadi sinyal listrik analog maupun digital, yang merupakan data dasarnya. Karakter proses yang dikendalikan oleh PLC sendiri merupakan proses yang sifatnya bertahap, yakni proses itu berjalan urut untuk mencapai kondisi akhir yang diharapkan. Berdasarkan penjelasan teori dan keunggulan teknologi PLC serta berbagai aplikasi di industri, peneliti mencoba melalui penelitian ini menerapkan teknologi PLC merek OMRON seri SISMAC CPM1A sebagai penggerak otomatis pintu parkir.

 .......

7. KESIMPULAN DAN SARAN


Kesimpulan

Berdasarkan hasil rancangan dan pengujian sistem garak otomatis pintu parkir kendaraan dengan PLC, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan:
a. Bahwa PLC merek OMRON Sysmac CPM1A dapat digunakan sebagai alat kendali sistem gerak otomatis pintu parkir kendaraan.
b. Dalam rancangan ini penggunaan piranti input dan output, yakni lima input dan empat output.
c. Membutuhkan sedikit alur diagram ladder dalam pemograman sistem gerak otomatis pintu parkir.



Saran

Berdasarkan dari hasil rancangan dan pengujian sistem gerak otomatis pintu parkir kendaraan dengan mengunakan PLC merek OMRON Sysmac CPM1A, disarankan bahwa PLC merek OMRON Sysmac   CPM1A   memungkinkan   dapat dikembangkan untuk berbagai aplikasi lanjutan.










DAFTAR PUSTAKA

C.Ray Asfahl, 1985.Robots and Manufacturing Automation, Second Editions Amarica
Frank.O Fetruzella, 1989, Programmable Logic Controller. New York, Glence Book          CQM1/CPM1                Programmable    Logic Controller.Programming Manual
Hubert Charles I, 1991, Electric Machines Theory, Operational, Applications, Ajustment and        Control. Mac             Millan Publishing Company. New York
Malvino, Hanafi Gunawan 1999. Prinsip-Prinsip Electronika, Edisi Kedua Erlangga Jakarta



untuk selengkapnya, anda bisa download di sini pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar